Simcity 3000 vs Simcity 4 Deluxe. Mana Lebih Bagus?




Assalamualaikum. Game membangun kota ada banyak tapi baik Simcity 3000 maupun Simcity 4 (dengan EP Rush Hour), masih punya tempat spesial di hati penggemar. Untuk alasan yang berbeda, aku menyukai keduanya. Meski begitu apa saja perbedaannya? Mana yang lebih bagus? Monggo disimak..

Colorful vs Realistic


Hal ini adalah poin utama yang dijamin akan langsung muncul di benak kita semua. Mulai dari UI di awal sampai ke desain bangunan. Simcity 3000 menampilkan desain UI lebih menarik, dan bangunan yang penuh warna-warni. Sedangkan ketika membuka Simcity 4, kita justru akan merasakan kejadulan dari warna UI-nya, juga desain bangunannya (terutama untuk low density) kurang menarik mata.

Nah, kalau mau memanjakan mata, maka SC3000 adalah yang kamu cari. Sedangkan kalau ingin yang realistis, SC4 adalah pilihan yang sesuai.

City vs Region


Kalau bermain di SC3000 kita bisa memilih small, medium, large untuk ukuran pulaunya. Namun, di SC4 ukuran large akan kalah dengan regional. Tak hanya mengurus 1 kota, kita bisa mengurus 1 regional yang terdiri dari puluhan kota. Tentu saja tidak semuanya sekaligus, tapi satu per satu seperti kepingan puzzle. Region mungkin mirip dengan tampilan neighborhood di The Sims.

Kedengarannya keren bukan? Tapi ternyata melelahkan dan butuh mikir banget..

Di SC3000 kita punya kota tetangga yang mendatangkan tawaran water deal, power deal, garbage deal, dsb yang memudahkan kita menambah pemasukan. Tapi di SC4, kita tidak punya tetangga sampai kita nanti membangunnya sendiri. Uang bakal jadi masalah serius disini.

Nah, kalau kamu berencana membangun kumpulan kota virtual maka SC4 adalah pilihan terkeren. Tapi kalau cuma mau have fun membangun kota biasa, lebih baik main SC3000.

Mayor vs God

Di SC3000 kamu adalah walikota. Namun di SC4 kamu akan bermain sebagai dewa pencipta pulau dengan fitur teraforming yang menarik.  Kita bisa bikin gunung kayak cake, kasih hiasan pepohonan dan nabur hewan layaknya meses.

Tapi itu kalau suka bikin segalanya sendiri..

Jujur penulis lebih suka random generatornya SC3000 yang memudahkan player membuat maps model apapun. Mau yang ada sungai atau danau di tengah. Mau yang ada gunung atau jurang. Semuanya diatur hanya dengan slider dan tombol.

Challenging Scenario vs Do it All Yourself

Bermain di SC4 terkadang bisa jadi boring karena kita hanya bikin kota, menyeimbangkan keuangan dan repeat. Nah, disaat itulah aku jamin kita semua bakal kangen dengan scenario mode dengan tantangan yang spesifik di SC3000. Entah apa yang dipikirkan EA dan Maxis saat itu, kok bisa-bisanya lupa membuat scenario mode untuk SC4.

Tanpa scenario ya kita harus menciptakan goal sendiri. Entah itu kota dengan pendidikan terbaik, kota dengan desain terunik, kota dengan industri tertinggi, atau kota dengan polusi paling rendah. Pokoknya do it all yourself.

Lucu vs Serius

Dibandingkan dengan SC4 yang news tickernya kaku secara bahasa dan tampilan, Weird sense of humor pada berita berjalan alias news ticker di SC3000 adalah poin yang menarik yang memorable. Terkadang penulis suka ngakak sendiri saat membaca judul beritanya. Contohnya.. Aduh banyak banget sampai bingung memilih. Kalian bisa baca langsung di Wikia.

Just See It vs U-Drive It

Balapan di kota sendiri adalah salah satu impian yang aku pernah bilang di artikel "Mencoba Memainkan Game Favorit Bu Risma" dan di SC4 akhirnya bisa kesampaian berkat U-Drive-It SC4 meskipun tidak seperti GTA, tapi lebih seperti kita mengendalikan RC Car di miniatur. Namun tetap saja ini keren sekali dibandingkan hanya just see it.

Tak cuma mobil, kita bisa mengendalikan bis, helikopter, pesawat, dan kapal laut. Aku sendiri baru mencoba mobil dan helikopter sih. Tapi serius ini punya impact yang besar pada kepuasan player.

Kesimpulan

Kalau kamu belum terlalu bisa bermain dengan Simcity, maka Simcity 3000 adalah pintu masuk paling mudah. Sebab belajar di Simcity 4 itu cenderung sulit dan bikin frustrasi kalau tidak sabaran. Di SC3000, mata kita akan dimanjakan dengan pertumbuhan kota tanpa banyak ribet ini itu.

Kalau sudah terbiasa dengan Simcity, mencoba Simcity 4 tidak akan sulit. Kita bisa membuat banyak kota yang saling sambung menyambung membentuk sebuah regional. Hanya saja manajemen ekonomi di SC4 itu lebih tricky dan harus mikir. Kalau tidak mau mikir, ya selamanya besar pasak daripada tiang.

Keduanya saling melengkapi satu sama lainnya. Worth banget kalau mau memiliki keduanya..

Simcity 3000 cocok banget buat kamu yang sekedar ingin membangun kota atas nama keindahan dan efisiensi waktu bebas. Sedangkan Simcity 4 cocok banget buat kamu yang memang sudah terlanjur cinta mati pada game membangun kota atas nama tantangan dan kreatifitas. Apalagi SC4 punya mod yang cukup terkenal, yaitu Network Addon Mod yang menambahkan jenis jalur sampai mass transportation.

Keduanya jauh lebih berfaedah daripada game membangun kota di hp yang serba koin dan gem plus IAP.

Namun sebagai pertimbangan, Simcity 4 yang lebih modern menuntut penggunaan CPU yang cukup tinggi. Kalau spek lomputer cukup rendah, apalagi misalnya pakai laptop. Overheating bakal menghantui. Tapi Simcity 3000 punya spek lumayan rendah, jadi kamu bisa memainkannya tanpa rasa khawatir.

Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum.
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo meninggalkan komentar..