Animator: Impian Lamaku yang Bangkit Lagi!


Ilustrasi: Lintar Animation Studio/Iwan Santoso
Assalamualaikum. Entah kenapa animasi anak negeri masih menjadi sesuatu yang langka, yang eksklusif, dan sekedar membawa jargon "Karya Anak Bangsa". Berangkat dari situ diriku pernah berimpian menjadi animator.

Namun menjadi animator itu bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Sebab kita dituntut harus memiliki skill menggambar mumpuni, juga konsisten untuk menggambar berulang kali. Nah karena masalah kesehatan, aku pun akhrinya mengubur mimpi itu bertahun-tahun.

Selama mimpi itu terkubur, aku lebih banyak menulis dan bermain design grafis. Baru-baru ini menggambar pun hanya sekedar melukis sebagai bentuk visualisasi puisi. Tak ada yang bikin excited selain novel yang akan digarap tahun 2019 ini.

Setelah lama tak berurusan dengan animasi, beberapa tahun kemudian (2017) aku mengobrol dengan bang Iwan Santoso yang sedang menggarap animasi Halilintar. Dari situlah pertama kali terjalin kerjasama. Saat itu aku berjanji, suatu hari bang Iwan akan jadi animator hebat dan aku akan menjadi penulisnya.

Akhirnya di tahun 2019 tercetuslah ide untuk menggarap animasi "Si Iyan". Berawal dari sekedar chat di messenger, dari situlah animasi pendek itu terwujud. Cerita singkatku digarap menjadi animasi hanya dengan mouse oleh bang Iwan! Berikut ini video perdananya..


Video ini menjadi semacam sejarah bagiku, Sebab impianku menjadi animator secara tidak langsung diwujudkan oleh sahabatku. Kami menyebut kolaborasi ini sebagai "Iwan dan Iyan" seperti Fujiko dan Fujio. Terimakasih banyak bang Iwan!

Oh iya, kami sebenarnya hanya berteman dan bekerja sama lewat dunia maya. Semoga suatu saat kami bisa menggarap animasi di satu meja. Amin!
Sketsa awal karakter animasi Si Iyan oleh Iwan Santoso.
Masih ada setumpuk naskah animasi, masih banyak judul dirancang, dan masih panjang perjalanan yang akan ditempuh untuk memperjuangkan eksistensi kolaborasi kami. Mohon doa, itu sudah pasti. Namun lebih pasti lagi jangan lupa tonton, like dan subscribe di channel Lintar Animation Studio. Insha Allah setiap karya kolaborasi kami akan diunggah di channel tersebut.

Kelak, tak hanya menulis, aku akan belajar sculpting di zBrush dan animasi di Blender. Aku akan belajar animasi 3D untuk mendalami grease pencil di Blender dan juga membuat animasi sendiri di channel yang sama. Amin!

Langsung saja disubscribe channelnya, dan jangan lupa tombol loncengnya supaya nanti bisa mendapat notifikasi ketika ada animasi terbaru!

Wassalamualaikum!
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo meninggalkan komentar..