Lagu Terbaik Karya Ahmad Dhani




Assalamualaikum. "Detik berganti dengan detik, menit pun silih berganti, hari-hari pun terus berganti, bulan-bulan juga terus berganti. Zaman-zaman pun terus berubah." (lirik Dewa 19 - Pangeran Cinta) akan tetapi mahakarya Ahmad Dhani tidak tenggelam oleh ribuan track lainnya dalam playlistku.

"Bila satu bintang terlahir, takkan ada yang bisa menutupi sinarnya, menghalangi kilaunya, dan sembunyikan terangnya." (lirik lagu Dewa 19 - Juara Sejati) Begitulah sosok Ahmad Dhani bagiku. Meskipun banyak yang membenci, tidak ada yang dapat menampik kejeniusannya dalam bermusik.

Pakdhe Dhani pernah menunjuk beberapa karya yang menurutnya terbaik, akan tetapi itu adalah dari sudut pandangnya sebagai pencipta. Namun, sebagai baladewa, aku telah mengumpulkan karya terbaiknya dari sudut pandangku sendiri.

Urutan disini tidak menentukan ranking ya..

Andai Aku Bisa

Lagu ini diciptakan bareng Bebi Romeo, nada dan liriknya ngena banget. Entah yang membawakan adalah Alm. Chrisye atau yang terbaru Ahmad Dhani sendiri, lagu ini tetap menyayat hati. Apalagi rilisnya dekat dengan hari pernikahan Bunda Maia. Patah hati ya pakdhe? *Plaakk!*

Roman Picisan 


"Liriknya mahal!" itulah yang pertama terlintas dibenakku setiap kali aku mendengarkan album Dewa 19 yang Bintang Lima. Dibuka dengan Mukadimah, yaitu intro orchestra nan mewah, dan disusul suara Once Mekel yang saat itu debut sebagai vokalis baru.

Lagu ini ada versi baru dengan vokal Once di album Kerajaan Cinta, versi Judika dan Virzha bersama Mahadewa Band. Semuanya sama kerennya dan tetap terkesan mewah. Namun aku paling favorit versi baru Once.

Risalah Hati

Lagu ini adalah buah cinta dari Bunda Maia dan Pakdhe Dhani yang mewarnai album Bintang Lima. Liriknya ditulis oleh Bunda Maia, dan musiknya digubah oleh Pakdhe Dhani. Seandainya mereka masih bersama, bukan tidak mungkin lagu semacam ini akan tercipta lagi. Sayangnya itu cuma harapan belaka.

Aku menikmati banget album ini!

Lagu Cinta

Lagu jatuh cinta paling keren diantara semua lagu dengan tema yang sama. Lagu ini ditulis Pakdhe Dhani ketika sedang mencari arti dari cinta sejati. Kalau mau tau terusan lagu ini, coba dengarkan lagu Mahadewa yang Cinta Itu Buta. Pakdhe sendiri yang bilang lagu itu adalah Lagu Cinta kedua.

Cinta Kan Membawamu


Ini adalah lagu minta balikan paling keren dan mahal. Meskipun pertama kali dinyanyikan Ari Lasso bersama Dewa 19, justru versi Reza Artamevia yang lebih populer. Perempuan mana yang nggak luluh kalau diajak balikan pakai lagu ini? Tapi eh ya itu tergantung suaramu juga sih.

Satu-satunya Cinta

Ini lagu yang membuat aku sakit hati sama acara macam Dahsyat dan Inbox. Mungkin Pakdhe Dhani jauh lebih sakit hati lagi ketika melihat mahakaryanya gagal memuncaki chart yang didominasi lagu melayu nggak jelas. Padahal lagu ini masterpiece banget.

Arjuna


Lagu ini menjadi ikon dari album Cintailah Cinta. Lengkingan suara Once "Akulah Arjunaa... AAAA!!" nempel banget dibenakku. Versi Once rasanya tidak tergantikan oleh versi Judika bersama Mahadewa Band.

Tapi aku menikmati banget seisi album Cintailah Cinta.

Kasidah Cinta

Lagu ini enak tapi aku kurang suka versi Pakdhe Dhani, entah itu bersama Dewa 19 atau The Swinger, pokoknya aku kurang suka. Tapi setelah mendengar versi Puri Mahadewi aku langsung menyadari betapa tulusnya lagu ini.

Sudah


Pernah dibawakan Ahmad Band dan entah penyanyi baru siapa lupa, tapi aku lebih suka versi T.R.I.A.D di album Istimewa. Pertama, memang suara Ahmad Dhani sudah melekat di lagu ini, kedua nada dan liriknya lebih rapih. Pokoknya ini lagu putus paling ikhlas, dewasa dan keren.

Bidadari Kesunyian

Kali ini kebalikannya. Pernah dibawakan T.R.I.A.D, tapi aku lebih suka versi Ahmad Band di album Ideologi Sikap Otak. Btw, entah kenapa aku mengartikan lirik lagu ini seperti kupu-kupu malam. Apapun itu lagunya aku suka banget.

Kuldesak


Kalau diartikan Cul de Sac adalah jalan buntu. Mungkin lagu ini lahir karena musibah yang menimpa Dewa 19 saat itu ketika Erwin dan Ari Lasso memakai narkoba. Dengan Om Andra Ramadhan. pakdhe pun membuat proyek kolaborasi dan lagu ini salah satunya. Sebenarnya ada versi Mulan Jameela dan aku suka juga.

Selain lagu ini aku juga menikmati lagu Kembali ke Timur yang liriknya sarat makna.

Cukup Siti Nurbaya


Lagu rock terbaik sepanjang masa ini selalu jadi teman saat perilisan lagu Mahadewa yang Cinta Itu Buta. Vokal Judika lebih enak daripada Ari Lasso. Meskipun sebenarnya sama enak, tapi aku lebih menikmati sensasi ngerock lagu ini. Tapi secara keseluruhan aku menikmati seisi album Mahadewa, Past to Present.

Kamu-kamulah Surgaku

Lagu ini buah kerjasama Pakdhe Dhani dengan para bule Australia. Lagu ini sebenarnya pantas banget kalau go international, akan tetapi video klipnya bakal dicekal karena orang bule nggak tahu yang bahwa yang diciumi Pakdhe Dhani itu anak-anaknya, so pakdhe dianggap pedofilia.

Cinta Gila


Lagu ini rilis ketika aku kelas 3 SD dan saat itu Dewa sedang berevolusi dengan bergabungnya Yuke Sampurna sebagai bassist yang membuahkan album Laskar Cinta. Genre musiknya agak asing, tapi karena sering mendengar jadi suka deh.

Pangeran Cinta

Nah, setelah Cinta Gila rilislah lagu ini. Lagu ini adalah tempat personil Dewa 19 memamerkan skill bermusik mereka. Performa drum double pedal Tyo Nugros, bass Yuke, dan lain-lain. Hasilnya lagu ini enak banget didengarkan pakai headphone atau sound system lengkap.

Satu

Masih bagian dari album Laskar Cinta, lagu ini spiritual banget. Meskipun setiap kali menyanyikannya aku selalu mengganti bagian "Aku ini adalah dirimu" dengan "Aku ini adalah hambaMu" sebab ini lagu tentang Tuhan. Tapi Ahmad Dhani terinspirasi Syekh Siti Jenar.

Bukan Cinta Manusia Biasa

Sebagai bocah SMP yang awam musik berkelas. Ini adalah lagu yang dulu buat aku kecewa dengan Dewa 19. "Kok lagu mereka jadi pasaran begini?" begitulah yang aku pikir. Namun beberapa tahun kemudian seiring naiknya selera musik, lagu Bukan Cinta Manusia Biasa ini jadi enak.

Aku kagum dengan aransemen, kagum dengan permainan piano Ahmad Dhani, skill gitar Andra Ramadhan, suara Once yang maksimal banget, dan ketulusan dari lirik lagunya yang menyayat hati. Maafkan ketidakpekaan penggemarmu ini pakdhe!



Nah, itulah dia daftar lagu terbaik karya Ahmad Dhani. Sebenarnya masih banyak yang lainnya, tapi aku rasa inilah yang terbaik yang bisa aku ulas. Semoga Pakdhe Dhani segera kembali ke jalur musik, supaya musik Indonesia kembali ke jalur yang benar. Amin!

Wassalamualaikum!
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo meninggalkan komentar..