Review Gothic: Bukan Sekedar RPG Biasa


Readers, banyak RPG jadul yang menarik akan tetapi Gothic memberikan sesuatu yang baru bagiku. Dunianya tidak seluas Morrowind atau Skyrim, namun game ini memiliki banyak kelebihan yang bakal aku ulas lebih lanjut. Langsung saja disimak..

Gothic 1 Logo via Steam
Dirilis tahun 2000, dengan spek ringan (yang bahkan nggak perlu dicantumkan), dan berbagai bug yang mengganggu, Gothic seakan terkubur begitu saja. Namun dari segi cerita dan gameplay, review bintang lima masih terus membanjiri game tersebut baik di Steam maupun GOG.

Bercerita tentang dunia bernama Myrtana yang alamnya begitu indah dan kaya akan sumber daya alam dari pertambangan. Tapi semuanya berubah semenjak bangsa orc mulai menjajah. Para tentara kerajaan pun sudah nggak sanggup berperang.

Akhirnya sang raja memerintahkan 12 elit penyihir menciptakan sebuah barrier yang melindungi daerah yang paling kaya bernama Khorinis serta mempekerjakan para narapidana untuk menambang ore. Tapi barrier itu lepas kendali dan malah juga mengurung para penyihir.

Nah, tugasmu disini adalah mengalahkan bangsa orcs dan mencari cara untuk menghancurkan barrier. Namun tentu saja nggak segampang itu..


Game dimulai dengan terbangunnya kamu di sebuah tempat dengan seorang Shadow bernama Diego yang menolong dan membimbingmu. Dia menyuruhmu untuk datang ke Old Camp yang melewati hutan dengan binatang buas, tapi saat ini kamu hanyalah manusia rendahan yang tidak punya kemampuan apapun.

Kemudian, dengan senjata sisa-sisa peperangan kamu harus bertahan menghadapi segala yang menghadang. Tapi mungkin pada tahap ini kamu hanya bisa menghadapi burung Scavenger atau tikus besar Molerat. Hingga akhirnya sampailah kamu di Old Camp.


Kamu mungkin akan merasakan perbedaannya dengan RPG lain, kota di Gothic lebih hidup dan nampak seperti kota asli, dimana orang-orang beraktivitas dan bekerja. Setiap NPC punya latar belakang kehidupan yang jelas. Meskipun belum sehidup Gothic 2 yang nanti akan aku bahas lain waktu.

Game terasa lebih hidup lagi karena misi hanya akan muncul dengan mengobrol serta bersosialisasi dengan para penduduk. Dengan obrolan bersama banyak orang kamu akan membuka peluang untuk bergabung ke salah satu dari 3 camp.

Pertama adalah old camp dimana para penjaga seenak udel mengekang para penambang, lalu swampcamp yang damai sentosa serta religius, terakhir new camp yang bebas tanpa aturan tapi juga buas.

Hal yang membuatku tertantang disini adalah perjuangan untuk meningkatkan kemampuan dengan berlatih dan akhirnya bergabung dengan salah satu camp dan terus naik pangkat. Namun karena game ini "hidup" tentu saja nggak semudah itu.


Untuk itu kamu harus menaikan level dengan berburu di hutan. Namun berbeda dengan game lain, Gothic tidak membuatmu membantai random monster yang tidak habis-habis untuk naik level. Setiap kamu membunuh seekor monster, maka monster itu tidak akan pernah muncul lagi.

Untuk berlatih dari seseorang kamu butuh uang berupa ore nugget. Untuk mendapatkan uang, kamu bisa menjual tanaman liar atau memanfaatkan kulit, kuku, gigi, dsb dari buruan. Itu pun perlu belajar dari pemburu dan tentunya butuh ore.

Meski sudah berlatih sekalipun, yang masih harus dikuasai adalah kontrol pertarungannya menantang banget. Butuh waktu untuk terbiasa, dan yang terbiasa pun masih merasa sedikit kesulitan. Banyak yang bilang bahwa cara battle di Gothic adalah yang paling terburuk dari RPG lainnya.

Secara keseluruhan, Gothic merupakan salah satu RPG terbaik yang pernah aku mainkan. Aku sangat menikmati misi dan alur ceritanya, meskipun sebenarnya terlalu pendek dan kurang puas.

Banyak orang bilang bahwa Gothic 2 adalah yang terbaik. Akan tetapi jalan ceritanya akan sulit dinikmati apabila kita tidak tahu cerita sebelumnya. Jadi aku sangat menyarankan readers sekalian memainkan Gothic 1 supaya terbiasa dengan cara bermain dan bertarung disini.

Sebab, Gothic 2 versi gold nanti bukan game yang mudah dinikmati. Ekspansi Night of The Raven menambahkan tingkat kesulitan yang akan memuaskan player berpengalaman, tapi membuat frustrasi player baru. Ditambah lagi dengan setumpuk misi yang sebenarnya seru tapi akan memuakkan player baru.

Bagi yang berminat, readers bisa mendapatkannya di GOG dengan harga 4 sampai 5 USD. Btw, game ini katanya sulit dijalankan di Windows 10. Jadi mungkin untuk amannya coba aja di Windows 7 kebawah. Tapi bagi yang ingin mencoba dulu bisa download dibawah..






Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo meninggalkan komentar..