Cara Membuat Thumbnail Youtube Pakai HP (PicSay Pro)



Assalamualaikum. Readers, thumbnail atau gambar icon dari sebuah video adalah penarik viewers terampuh setelah judulnya. Nah, bikin thumbnail ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, bahkan blog graphics diatas pun aku buat dari hp (padahal biasanya pakai Corel).

Sebelum kita mulai, siapkan dulu bahannya:
1. Aplikasi PicSay Pro. Harus yang pro, karena fitur premiumnyalah yang kita butuhkan.
2. Gambar bacground yang menjadi dasar.(disini aku pakai corak kayu)
3. Foto objek yang menjadi topik video (aku pakai yoyo)
4. Tekad belajar

Langkah Pembuatan

Pertama buka PicSay Pro, tap get a picture, dan pilih new blank picture. Ukuran standar thumbnail Youtube itu beraspek rasio 16:9, contohnya 1280x720px. Lalu tap create.


Kedua, tap effects dan insert picture. Masukan gambar background dan sesuaikan ukurannya. Kamu hanya bisa membesarkan atau mengecilkan dengan menyeret titik. Kalau dengan cara cubit, yang kecil adalah workspacenya. Tapi biar mudah tap place picture 100% lalu scale to fill. Kalau sudah tap centang 2 kali.


Ketiga, dengan cara yang sama kita tambahkan foto objek dan sesuaikan tempatnya untuk teks nanti, tapi tap centangnya hanya sekali. Nah disini kita akan belajar menghapus background dari foto. Tap icon penghapus untuk menghapus. Bila ada yang terhapus, kamu bisa mengembalikannya dengan icon kuas. Kamu tinggal sentuh saja bagian yang ingin dihapus.



Biasanya ada pertanyaan untuk menyimpan hasil hapus untuk memudahkan kita saat editing berikutnya. Tapi kalau tidak perlu ya no aja..

Keempat, tap stickers, title, lalu pilih jenis huruf, dan ketik teks yang kamu inginkan. Misalnya "Magic Yoyo Node, Yoyo Budget Tercantik". Klik centang hijau. Atur posisinya sampai pas.


Nah jadilah sudah sebuah thumbnail ala kadarnya..


Picsay Pro punya cukup banyak emoticon yang bisa mempermanis hasilnya. Tapi aku sendiri kurang bisa menempatkan emot, yang ada nanti malah tambah parah.

Desain thumbnail itu ada banyak, dan cara pembuatannya mirip dengan ini. Kamu akan punya banyak ide ketika menyimak thumbnail channel lain. Yang penting dalam desain kamu harus bisa menebak komposisinya sebelum meniru dan memodifikasinya. Tinggal pinter-pinternya kita mencari bahan gambar aja.

Semoga bermanfaat..

Wassalamualaikum..





Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo meninggalkan komentar..