A Week of Strategy Games!




Assalamualaikum. Lama nggak main, minggu ini aku balas dendam. Aku mainkan seluruh timbunan game lama, dan ternyata sebagian besar adalah game strategi. Mulai dari Heroes of Might and Magic III dan V, Age of Empires III, sampai yang terbaru Age of Wonders: Shadow Magic. Itulah kenapa aku sebut minggu ini sebagai a week of strategy.

Kalau HoMM series aku sudah pernah cerita di jurnal sebelumnya. Tapi minggu ini aku baru ada kesempatan belajar soal gameplay dan strateginya. Sumpah keren walau grafis ala game java. Aku mulai paham kenapa HoMM III punya banyak fans aktif bahkan sampai detik ini.

Image result for homm 3

Namun, aku nggak kebayang apa punya cukup waktu memainkan HoMM III edisi komplit ini. Ada 3 campaign yang diperkirakan butuh sekitar 100 jam untuk menyelesaikannya. Belum lagi masih ada HoMM V versi bundle. Haduh.. Bakal panjang..

Image result for aoe 3

Selanjutnya Age of Empires III kopian teman, tapi edisi komplit. Setelah bertahun aku main Age of Empires II, akhirnya kesampaian main yang ketiga meskipun awalnya agak ribet menemukan settingan terbaik, soalnya laptopku cukup jadul untuk menghandlenya.

Untuk yang satu ini aku baru nyicip sedikit, dan jujur agak sumringah karena AInya lebih payah dari AoE II. So aku yang seringnya kalah ini, jadi punya kesempatan menang. Kebayangkan gimana sakitnya, udah waktu main pendek habis untuk bangun kota, musuhnya kalahan pula.

Namun aku juga kecewa dengan sistem permainan baru yang dipermudah. Keseruannya jadi hilang. Jujur aja aku lebih suka sitem permainan Age of Empires II. Seharusnya mereka kembangkan saja AOE II dengan grafis sekelas AOE III.

Image result for emperor rise of pc

Selanjutnya aku coba memainkan Emperor: Rise of the Middle Kingdom. Game ini lebih ke strategi ekonomi daripada perang. Dibuat dengan engine yang sama dengan Caesar III, Zeus, dan Poseidon. Game membangun kota ini jadi punya kelasnya sendiri.

Sebenarnya yang aku suka dari game ini adalah mengawasi para penduduk bekerja membangun desa sampai nanti berkembang jadi kota. Itulah alasan yang sama saat aku main seri Anno. Game strategi seberat apapun, atau stress seperti apapun, hilang kalau melihat mereka bekerja.

Image result for aow shadow magic

Nah, yang terakhir itu Age of Wonders: Shadow Magic. Sumpah ini sebenarnya salah download. Tadinya aku kira game ini Age of Mythology, ternyata beda. Tapi aku merasa beruntung karena gameplay game ini yang gabungan antara HoMM dan Civilization. This is what I'm looking for!

Sebenarnya ini baru nyoba sedikit sih, masih belum paham dan terus-terusan mati di level beginner. Tapi aku yakin suatu saat bakal getol memainkan game ini. Aku selalu suka game turn based berbau kerajaan, walaupun kadang sering males mikir. Gara-gara ini aku jadi pingin Age of Wonders III yang katanya jauh lebih sempurna baik dari segi grafis dan gameplay.

That's it. Kebayang kan bagaimana ngebulnya kepalaku? Tapi I love it! Aku sangat enjoy dengan game strategy meski sering kalah!

Wassalamualaikum!

Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo meninggalkan komentar..