Tips untuk Kamu yang Pingin Jago Masak Dalam Waktu Singkat


Assalamualaikum. Readers, pernah nggak sih kalian merasa pingin makan sesuatu tapi mahal, dan pingin bikin sendiri nggak bisa? Yeah, kita mengalami hal yang sama, tapi itu dulu. Sebab sekarang aku lebih pede untuk bikin sesuatu berkat Cookpad, Google, dan Youtube.

Bermula dari keinginan untuk makan mie ayam bikinan sendiri tapi takut nggak enak. Waktu itu Bakmi Mewah sama Real Meat lagi populer banget, dan sama mahalnya. So aku buka cookpad dan praktik bermodalkan nekad. 

Mie ayam buatanku.
Senangnya aku waktu itu karena serumah suka dengan hasilnya. Lebih puas juga karena bisa tiga kali lipat porsinya bila dibandingkan beli kemasan. Seumur-umur baru kali itu puas dengan porsi bakmi.

Bagi kamu yang baru belajar sebenarnya masak itu gampang buat amatiran kayak kita, dan wajib kalau kamu adalah anak kos yang mau hemat (mekipun kamu cowok). Berikut ini tipsnya..
  • Buka Youtube, cari cara menggunakan pisau, dan pelajari supaya jari aman dari luka. Jangan terpatok jenis pisau, tapi cukup tekniknya aja. 
  • Pastikan kamu cukup berani menyalakan kompor. Ini koplak tapi nyata. Sampai detik ini pasti masih ada yang takut dengan kompor gas.
  • Masakan apapun bahan dasar yang ditumis pasti bawang putih. So, kamu bisa blender banyak bawang putih dengan minyak, untuk persediaan seminggu di kulkas. Bumbu halus lainnya seperti merah, kuning, dsb bisa dilihat di: Menyetok Bumbu Dasar.
  • Kalau malas mengulek, bisa juga geprek dulu bahannya lalu cincang. Tapi ya jangan geprek cabe juga, bahaya. Kamu bisa pakai cabe bubuk. Tidak harus yang Korea, mahal. Ada juga bubuk kunyit atau bubuk jahe di warung.
  • Kalau mau memasak ayam atau ikan tapi males memilih duri dan tulang, beli saja yang fillet. Agak mahal tapi hitungan kilonya tanpa tulang loh.
Ketika mulai memasak ada beberapa tips juga..
  • Kalau takut gosong pastikan api jangan terlalu besar, kecuali saat menggoreng. Selalu ingat yang membuat minyak meletup adalah air, so hati-hati saat menggoreng yang basah. Pakai tutup panci sebagai tameng ala Captain America juga boleh.
  • Contoh yang meletup itu ayam, dan ikan. Kalau memang takut bisa dimasak dengan cara lain, seperti dimasak tepung crispy, chicken katsu, atau disemur dan gulai. Tapi yang berbau santan nanti saja, agak sulit.

Chicken katsu.
Sekarang langsung cari resep. Dengan Cookpad kamu bisa mendapatkan berbagai inspirasi masakan yang keren. Mulai dari lauk pauk sampai kue dan cemilan. Setiap hari pasti ada rekomendasi baru.

Namun apa yang paling mudah untuk dimasak pertama kali? Kalau goreng telur sudah noob banget. Kita bisa coba cari resep nasi goreng di Cookpad. Kenapa nasgor? Selain mudah, cara memasak ini mirip dengan sebagian besar masakan sederhana lainnya.
  • Untuk satu porsi, ulek 1 bawang putih dan merah, garam, dan cabe rawit hijau (bonus gorengan). Bagi yang nggak suka pedas lewatkan saja cabenya.
  • Kemudian tumis sampai harum dan agak kering, tapi jangan gosong. Biasanya kalau baru nyoba pasti agak gosong.
  • Masukkan nasi dan aduk rata. 
  • Kalau masih menggumpal kamu ulek saja, atau hancurkan dengan sotil.
  • Tabur penyedap rasa secukupnya dan aduk.
  • Untuk yang nggak suka pedas tadi, beri kecapnya sekarang.
  • Jangan lupa untuk rajin mencicipi. Jujur saja, kalau kurang asin tambah sedikit garam.
Nah, mudah bukan? Dari sini kamu akan semakin pede mencoba menambahkan telur, ayam, atau seafood. Kedepannya pembuatan mie goreng, sayur tumis, dan lain sebagainya akan mirip seperti itu.

Omurice Jepang via Favy.
Nasgor bunga via Okezone.
Kalau kamu merasa nasi gorengmu penampilannya kurang wah. Ada tips juga biar penampilannya naik pangkat sedikit, dan Instagramable..
  • Kamu bisa mendandaninya ala-ala omurice Jepang yang lonjong atau Korea yang bulat.
  • Bisa juga dibungkus ala omurice Korea lalu potong silang bagian atasnya dan buka, nanti seperti kelopak bunga mekar. Tinggal ditaruh lalapan atau topping diatasnya.
  • Bisa juga Googling dengan kata kunci 'nasi goreng' atau 'plating nasi goreng' nanti ada banyak gambar yang menginspirasi.
  • Untuk memperkaya lagi, kamu bisa juga mencari 'vegetable carving' dan 'plating with sauce' di Youtube. Masakanmu bakal semakin kelihatan pro!

Resep mudah lainnya yang bisa kamu coba adalah sop ayam yang dapat melatih kamu memasak sesuatu yang berkuah dan membiasakan kamu memotong sayur. Kalau ingin yang bersantan bisa coba kari atau gulai, biasanya ada bumbu instannya, tapi disini kamu akan belajar menghandle santan yang susah-susah gampang.

Bagaimana? Apakah memasak masih terasa sulit buatmu? Intinya memasak itu soal keberanian mencoba dan kejujuran lidahmu sendiri. Kamu harus pede dan pantang menyerah!

Yuka Kinoshita.
Kalau kamu merasa kurang bersemangat. Memasak saja buat orang yang kamu sayangi. Kamu akan menikmati senyum mereka saat menyantap makananmu. Atau kamu carilah seseorang yang membuat kamu ingin mencurahkan segala kemampuan untuk memasak. Keduanya sama efektifnya.

Food Wars via Geekiary.
Kalau ingin lebih bersemangat lagi kamu bisa menonton anime Cooking Master Boy atau anime lainnya tentang memasak. Kamu akan lebih berani bereksperimen ketika selesai menontonnya. Kamu akan sadari bahwa memasak itu dunia yang luas, meskipun kita ini hanyalah amatiran.

Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum.
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo meninggalkan komentar..