Memperbaiki SHAREit Initialization Failed di PC



Assalamualaikum. SHAREit menjadi bagian penting sebagai penyambung untuk komputer atau hp. Sebab komputer tuaku sudah menjadi semacam bank data untuk dokumen, musik, video dan lain sebagainya. Kebayang kalau sampai ngadat?


Nah, itulah yang terjadi beberapa hari yang lalu. SHAREit yang biasanya lancar tiba-tiba nggak bisa dipakai dan muncul tulisan "hotspot initialization failed" dan bahkan setelah restart dan ngecek di command prompt pun masih nggak bisa diperbaiki.

Tapi akhirnya aku menemukan cara memperbaikinya. Semoga saja bekerja juga di komputermu..

  • Pertama, uninstall dan re-install SHAREit. Kalau muncul pesan error dan menyuruh pilih direktori lain, batalkan penginstallan. Tapi kalau tidak ada error, cara ini bukan buat kamu.
  • Kedua, restart komputer dan tekan F8 berkali-kali hingga muncul menu dan kemudian pilih safe mode. Jangan kaget kalau komputermu jadi aneh.
  • Ketiga, buka explorer dan masuk ke C:\Program Files\SHAREit Technologies. Kemudian hapus folder SHAREit dan kosongkan Recycle Bin.
  • Keempat, restart komputer dan install lagi SHAREit. Nah, seharusnya sekarang sudah normal lagi.

Kesimpulan

Sebenarnya aku menduga ini semacam bug. Sebab pemilik komputer dihapus dari daftar owner folder SHAREit dan tidak punya hak untuk menggunakan maupun memodifikasinya. Jadi, kita hanya bisa memusnahkannya lewat safe mode.

Update 2018

Penyebabnya sudah aku ketahui, yaitu karena fitur remember device. Jadi kalau kita centang remember device, dijamin SHAREit bakal ngadat lagi. So jangan sekali-kali centang itu ya guys!

Semoga membantu dan bermanfaat!

Wassalamualaikum.
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

2 komentar:

  1. Remember me yang mana yang gak boleh dicentang?

    BalasHapus
  2. Remember me yang mana yang gak boleh ditentang? Saat buka shareit atau pas nyambung ke hotspot posel saat internetan?

    BalasHapus

Monggo meninggalkan komentar..