Mengatasi Boot Lop saat Update/Install Aplikasi dari Playstore


Ilustrasi: Pixabay
Assalamualaikum. Readers, belakangan ini banyak banget pengguna custom rom CyanogenMod 12.1 yang mengeluhkan hp mereka boot lop setiap menginstall aplikasi atau update dari Playstore. Awalnya aku cuek, tapi ternyata hpku akhirnya kena juga.

Kejadiannya itu begini: setiap kali menginstal aplikasi keluaran 2018, Playstore langsung crash dan homescreen bolak-balik berkedip-kedip. Kalau sudah begitu aku mati-matian harus klik Playstore lagi sebelum berkedip-kedip dan uninstall. Sebab cara uninstall biasa lewat setting dijamin gagal.

Untuk memperbaiki masalah kampret ini aku berasumsi bahwa readers sekalian sudah root dan terpasang TWRP atau sejenisnya. 
  1. Pertama download dulu libandroidfw-titan-CM12.1.zip (247kb)
  2. Kemudian langsung saja restart dan masuk ke bootloader.
  3. Di TWRP pilih install dan cari file zip tadi.
  4. Hp akan reboot dan langsung saja diuji coba.
Sekarang dijamin aplikasi yang tadinya bikin boot lop sudah tidak akan kambuh lagi.

Oh iya, cara memperbaiki ini aku temukan di grup [Official Group] Smartfren Andromax Q - G36C1H di Facebook dan aku lupa nama orang yang mengajari. Untuk mastah tersebut, aku mewakili readers sekalian mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Semoga membantu.

Wassalamualaikum.
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo meninggalkan komentar..